Prihatmoko Moki Residency

Moki’s Megalo Residency in Australia

September 10 – October 22, 2014

Megalo Studio, Canberra, Australia

doc 1 doc 2

Pada bulan September tanggal 10 tahun 2014 saya diberi kesempatan untuk mengikuti residency selama 6 minggu di Megalo studio yang berada di Canberra Australia. Megalo adalah sebuah studio print yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Dibuat oleh beberapa orang diantaranya Alison Alder, Annie Kavanagh, Paul Ford dan Julian Webb. Pada tahun pertama mereka banyak memproduksi karya silkscreen, tapi sudah sedikit berubah pada beberapa tahun terakhir ini. Sekarang mereka mempunyai 3 ruang untuk memproduksi karya print, yaitu silkscreen studio, etching/linocut studio dan lithography studio. Setiap tahun mereka mempunyai program residency yang dibagi dalam 3 periode, yang mencakup untuk 1 seniman internasional, 1 seniman dari Australia yang berasal dari kota lain selain Canberra, dan 4 seniman yang berasal dari Canberra.

In September I undertook a 6 week residency with Megalo Studio in Canberra, Australia. Megalo is a print studio that was established in 1980 by a few people, including Alison Alder, Annie Kavanagh, Paul Ford and Julian Webb. In the beginning they were focused on screenprinting, but since then they have expanded their program. Now they have three studios for different types of printing; a silkscreen studio, etching/linocut studio and lithography studio. Each year they run a residency program over three periods, with 1 international artist, 1 interstate australian artist and 4 artists from Canberra.

artwork 9 artwork 8 artwork 2 artwork 1

Ada dua series yang kubuat pada waktu itu, yang pertama berjudul ‘Captain Cook Still Here’ . Karya Seri ini bercerita tentang tegangan antara suku aborigin dan kulit putih di beberapa tempat di Australia. Isu tentang kepemilikan lahan dan rasis menjadi permasalahan yang masih ada sampai saat ini dan terlihat sulit diselesaikan. Karya seri ini adalah kolase antara lukisan Emanuel Phillip fox dan drawing saya. Saya mengambil gambar Captain Cook dan crew yang pertama kali datang di Australia dari lukisan Emanuel phillip fox dan menggabungkan dengan gambar drawingku tentang pemandangan di Canberra yang kubuat saat residency. 4 karya dalam seri ini kubuat dalam teknik silkscreen.

I made two series while I was at Megalo. The first one was called “Captain Cook Still Here”. This series tells the story about the tension between Aboriginal and white people around Australia. The issue of land ownership and race is still ongoing in Australia and is difficult to resolve. This series of works are a collage of paintings by Emmanuel Phillip Fox and my drawings. I used Emmanuel Phillips Fox’s portrait of Captain Cook landing in Australia and collaged them with my perspective on Australia during my residency. The 4 works in this series are silkscreen prints.

artwork 6 artwork 4

Karya seri kedua berjudul ‘Mc Rae vs CMYK’. Cerita dari karya seri ini adalah interpretasi saya atas drawing Mc rae; tentang hubungan suku aborigin dan suku paupa/irian jaya. Mc Rae banyak membuat drawing untuk mendokumentasikan kehidupan suku aborigin pada sekitar tahun 1860. Garis dan gambar yang dibuat sangat sederhana sehingga menimbulkan banyak interpretasi. Berangkat dari sana, saya memilih beberapa drawing darinya dan menyusun ulang adegan menggunakan photo yang kuunduh dari internet. Sedangkan proses print sendiri menggunakan teknik CMYK. Sama seperti karya seri sebelumnya, semua karya seri ini juga kubuat menggunakan teknik silkscreen.

The second series of works is titled ‘Mc Rae vs CMYK’. This series of works is my interpretation of the work of [19th Century Aboriginal artist Tommy] McRae; about the similiarities between Aboriginal and Papua or Irian jaya culture. McRae made many drawings documenting the life of Aboriginal people around the 1860’s. He used very simple lines and images which can be interpreted in many different ways. Using [his work] as a starting point, I used several of his drawings and combined them with images I downloaded from the internet. I used a CMYK technique to print the images, and like the previous series, the final images were screenprinted.

studio silkscreen 1 studio litography 3 studio litography 2 studio litography 1 studio etching 2 studio etching 1 studio silkscreen 2

studio silkscreen 4studio silkscreen 3studio silkscreen 5ruang tengah megalo galeri megalo

6 minggu residency di megalo studio ternyata adalah waktu yang sebentar. Ada banyak pengalaman yang menyenangkan berada di sana, antara lain bekerja di studio yang mempunyai fasilitas yang lengkap dan bertemu banyak orang di megalo untuk sekedar sharing ide dan proses pembuatan karya print. Selain itu aku juga sering berbicara dengan beberapa member dan staf megalo tentang bagaimana cara mereka menjalankan megalo. Sebagai salah satu anggota Krack! Cerita dan info seperti itu menjadi penting untukku. Canberra sendiri adalah kota yang menyenangkan menurutku, banyak orang yang bilang kalau Canberra terlalu sepi, tapi itu bagus dan aku suka karena sesuai dengan kepribadianku.

My six week residency at Megalo went by really quickly. I had lots of fun experiences there, from working in a fully resourced print studio, to meeting lots of people and sharing ideas and printing techniques. I also talked a lot with staff about how they ran Megalo studio. As one of the members of Krack that kind of info is really useful for us. Canberra is a fun city in my opinion. Many people say Canberra is too quiet, but I thought that was fine because it suited me.

Prihatmoko moki

 



Comments are closed.